Chennai, KompasOtomotif — Pada acara peresmian produksi perdana Datsun Go, di pabrik Oragadam, dekat Chennai, India, pekan lalu, KompasOtomotif
bersama dua media nasional lain mendapatkan kesempatan eksklusif
perihal penjelasan detail soal Go. Beberapa detail disampaikan langsung
oleh si insinyur pencipta, Kazuyuki Yamaguchi, Kepala Rekayasa Kendaraan
Datsun.
Dimensi
Go diposisikan sebagai mobil
keluarga pertama untuk konsumen di negara-negara maju. Fokus utamanya
adalah menyajikan pilihan produk yang punya efisiensi bahan bakar prima
dan harga terjangkau. "Meskipun menjadi mobil keluarga, mereka mau
mobilnya itu punya tampilan yang modern, ini yang melatarbelakangi
desain Go pada awalnya," jelas Kazuyuki.
Hal lain yang menjadi
beban tersendiri adalah tuntutan harga yang terjangkau, tetapi wajib
juga punya ruang lega. Go punya dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635
mm, tinggi 1.400 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Ground clearance
yang lebih tinggi membuat mobil kota ini tangguh di jalan rusak dan
tidak mentok. Luas dalam kabin diklaim terbaik di kelas mobil kota
segmen B, dan kompetitif dengan B+. Ruang bahu penumpang di dalam kabin
juga lebih lega ketimbang merek lain.
"Desain jok depan yang menyatu dengan penumpang juga membuat kenyamanan
jadi lebih baik. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kami memilih tipe
rem tangan model tarik demi tercipta ruang lebih lapang di depan,"
beber Kazuyuki.
Meski menggunakan rem tangan bergaya "jadul", tak
membuat Datsun kehilangan kepercayaan diri. Pasalnya, banyak mobil masa
kini di Jepang yang kembali menggunakan rem tangan jenis ini. "Namanya
mode, selalu berputar, nanti akan semakin banyak yang menggunakan desain
rem tangan seperti ini. Di Jepang sudah terjadi," imbuh Koichiro
Okamoto, CPS Chief Product Specialist Datsun.
Mesin
Jantung pacu mengadopsi milik Nissan March
atau Micra, yakni HR12DE berkapasitas 1.2 liter. Tenaga yang dihasilkan
67,9 PS dan torsi 104 Nm. "Mesin sama, tapi sudah dilakukan penghitungan
ulang pada ECU sehingga lebih efisien," lanjut Kazuyuki.
Dalam
pengujian internal, konsumsi bahan bakar bisa menembus 20 kpl. Meski
belum menganut kelengkapan Anti-Lock Braking System (ABS), piringan
cakram pengereman ban depan sudah berventilasi sehingga tidak mudah
panas. Selain itu, suspensi belakang diklaim 30 persen lebih baik
performanya dari kompetitor di segmen sekelas.
"Kami ciptakan
mobil ini dari impian konsumen dan memaksimalkan tenaga lokal dalam
pengembangannya. Kami yakin ini bisa diterima dengan baik nantinya,"
tutup Kazuyuki.
Kupas Datsun Go Langsung dari Penciptanya
In
//
//
Leave a Comment
0 komentar:
Posting Komentar