Jumat, 11 Juli 2014

Hero RNT, Sepeda Motor Bermesin Diesel

// // Leave a Comment
Delhi, KompasOtomotif - Konsumen India sangat menyukai kendaraan bemesin diesel. Buktinya, sepeda motor bermesin kecil, kini juga diandalkan menggunakan mesin tersebut, seperti yang dilakukan Hero RN, merek asli India.
Penampilan sepeda motor ini unik. Tidak lazim, seperti sepeda motor ini mengabaikan estetika desain dan ergonomi. Lihat saja bentuk bodi yang "boxy". Dari samping kelihatan seperti huruf "V".
Makin nyeleneh dengan lampu depan mencuat ke depan berbentuk kotak, jauh dari setang. Lampu depan, LED bisa dicopot atau pasang dengan baterai lithium-ion terpisah. Standar tengah terlihat sangat kekar karena ukuran lebih besar.
Dimensi, panjang total lebih dari 2 meter, tepatnya 2.029 mm, lebar 739 mm dan tinggi 1.077 mm serta bobot kosong 136 kg. Dibandingkan sepeda motor sekelas (150 cc), bobot ini termasuk berat!

TeknologiUntuk teknologi, gagasan Hero Motorcycle ini bisa dianggap kreatif. Pasalnya, mesin diesel adalah jenis 2-tlangkah,  berpendingin cairan,  injeksi langsung, 150 cc dan tersedia opsi untuk memasang turbocharger. Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda belakang  melalui rantai, digunakan transmisi manual 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 13,7 PS @4.000 rpm dan torsi 35 Nm @1.600 rpm.
Hero RNT menggunakan garpu teleskopik 37 mm dengan peredam kejut hidraulik di belakang. Kedua rem cakram 300 mm, multi piston untuk depan dan 220 mm untuk belakang (piston tunggal). Kapasitas tangki bahan bakar, 6 liter dengan jarak terendah mesin dari tanah 168 mm.  Kemampuan berakselerasi 0-60 kpj diklaim 5 detik dan bisa dikebut mencapai kecewpatgan 70 kpj (dibatasi).

Hibrida
Tak kalah menarik, sepeda motor ini juga ditawarkan (opsional) dengan paket teknologi hibrida. Roda depan ditambah dengan motor listrik 1,4PS yang mendapatkan pasokan energi baterai sendiri. Motor listrik ini dioperasikan menggunakan  kontrol terpisah dan bisa juga diselaraskan dengan gerak pada putaran rantai. Bahkan, Hero menyiapkan tambahan generator bertenaga 1.500 Watt.

0 komentar:

Posting Komentar